Sabtu, 31 Juli 2010

Penghargaan bagi Tribun Batam

SYUKUR alhamdulillah hasil kreatif dan inovatif kru Tribun Batam membawa hasil. Dewan juri Pressmart Indonesia Print Media Award (PIPMA) 2010 memilih Tribun Batam sebagai penerima tropi Silver Winner The Best Sumatera Newspaper Front Page Design (Tata Wajah atau Disain Halaman Depan Terbaik di Sumatera), di Jakarta Jumat (9/7) malam lalu.
Tujuh juri tunjukan Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) dan Pressmart menilai harian Tribun Batam merupakan satu dari tiga surat kabar di wilayah Sumatera –bersama Radar Lampung dan Singgalang-- yang mempunyai perwajahan halaman satu terbaik.
Karya yang dinilai ada 354 yang terbagi dalam 16 kategori. Dari 16 kategori, terpilih 39 pemenang, empat di antaranya diraih tiga koran grup Tribun, yakni Tribun Batam, Tribun Kaltim (menang 2 kategori), dan Banjarmasin Post.
Disain halaman satu Tribun Batam yang mendapat penghargaan yaitu edisi 3 Oktober 2009, yang memajang foto penyelamatan korban gempa di Padang, Sumatera Barat, dengan judul headline Tolong, Saya Masih Hidup.
Bagi Tribun Batam, penghargaan tersebut bukan sebuah kebetulan semata, tetapi efek dari kreatifitas dan kerja keras dalam memberikan penampilan tata wajah terbaik kepada para pembaca.
Sejak pertama kali terbit, 15 September 2004, setiap hari Tribun Batam selalu menampilkan tata wajah (disain) yang atraktif, tidak monoton, dan nyaman dilihat. Bukan hanya di halaman satu dan halaman etalase saja, tetapi juga halaman-halaman lain.
Dengan demikian pembaca mendapatkan sajian tata wajah terbaik di setiap halaman, setiap hari. Bagi Tribun Batam, lembar demi lembar surat kabar tidak sekadar susunan foto, grafis, dan naskah berita.
Tapi lebih dari itu, merupakan perpaduan antara karya intelektual dan seni sehingga selain mampu memberikan sajian informasi bermakna tetapi juga enak dilihat.
Selain enak dilihat, perwajahan Tribun Batam didisain sedemikian rupa sehingga memudahkan pembaca memahami isi berita dan lebih cepat menemukan letak informasi yang dibutuhkan.
Sajian grafis di berbagai halaman, terutama di halaman satu, membantu para pembaca memahami informasi tanpa harus membuang waktu dengan membaca sampai selesai isi berita.
Begitu pula dengan pemberian indeks di halaman satu di berita-berita menarik, memudahkan pembaca mencari berita lain yang terkait dengan berita bersangkutan. Dengan demikian perwajahan Tribun Batam diharapkan mampu memberikan manfaat praktis kepada pembaca.
Tata wajah media massa cetak bisa dianalogikan dengan layout sebuah pasar swalayan modern. Berbeda dengan pasar dan toko tradisional, konsep swalayan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada pembeli untuk memilih sendiri barang yang diperlukan tanpa harus dibantu oleh para pekerja.
Dengan demikian ketersediaan berbagai jenis barang di pasar swalayan tidak akan berarti apa-apa manakala penataan ruangan tidak membuat para pembeli dapat dengan mudah menemukannya.
Tak heran penataan barang di pasar swalayan modern juga didukung berbagai petunjuk arah dan panduan, sehingga barang sekecil apapun dapat diketahui tempatnya. Seperti itu juga lah fungsi indeks yang sering pembaca lihat di Tribun Batam sehari-hari.
Terkait dengan pemberian penghargaan di ajang Pressmart Indonesia Print Media Award 2010, kami menyampaikan terima kasih kepada para pembaca, pelanggan, pemasang iklan, dan mitra Tribun Batam yang tak jemu-jemunya memberikan masukan. Itulah obat sekaligus cambuk bagi kami untuk terus berkreasi dan berinovasi agar dapat terus memberi sajian terbaik.
Komitmen kami, penghargaan yang telah kami terima tidak akan membuat kami lantas berpuas diri dan berhenti mengembangkan diri. Ibarat sebuah amanah, pemberian penghargaan itu patut dijadikan sebuah momentum untuk menjadi lebih baik lagi, sekaligus mensyukurinya. (*)
corner tribun, 12 Juli 1010

Tidak ada komentar: