Kamis, 13 Desember 2007

*Matta Band Kunjungi Tribun Batam


KUNJUNGI TRIBUN -
  Personel band Matta  menyanyikan lagu ciptaannyaberjudul Playboy, bersama Pemred Tribun Febby MP dan aku, saat mengunjungi Tribun Kamis (13/12/07). 

Sempat Diragukan Stasiun TV

"Woo..'o Kamu Ketahuan pacaran lagi dengan dirinya teman baikku".

SIAPA yang hafal dan kenal dengan lirik potongan lagu berjudul Ketahuantersebut? Siapa tak kenal Matta Band, grup band asal Bandung yang namanya melejit lewat lagu Ketahuan dan Playboy. Tapi mungkin tidak banyak yang tahu kalau grup band beranggotakan enam personil ini pernah mengalami kesulitan diawal meniti karir.
Sebab, kemampuan grup yang digawangi Sunu (vokal), Yudi (keyboard), Yogi (gitar), Setia (bass), Dicky (gitar), dan Uwok (drum) itu ternyata sempat diragukan sebuah stasiun televisi swasta. Penyebabnya adalah karena lagu Ketahuan dinilai memiliki image dangdut.
Seperti diketahui, lagu ini sempat dinyanyikan pedangdut Uut Permatasari tanpa seizin dan tanpa sepengetahuan Matta Band sebagai pemilik lagu. Bahkan, mereka baru tahu kalau lagu tersebut dinyanyikan Uut dari radio. Uniknya lagi, sampai sekarang mereka belum pernah sekalipun ketemu langsung dengan pedangdut yang terkenal dengan goyang ngecor ini.
Ketika disinggung asal muasal kenapa lagu Ketahuan bisa dinyanyikan Uut yang notabene tidak mereka kenal, ternyata lagu tersebut diberikan pada Uut lewat produser mereka yang bernaung di satu label yang sama dengan Uut.
"Produser menganggap lagu ini akan lebih menjual jika dinyanyikan Uut. Padahal, mereka belum mencoba menjualnya lewat Matta Band. Dan dalam hal ini kami "dikorbankan" dengan memberikan lagu Ketahuan pada oranglain tanpa kompensasi apapun,"terang Sunu, vokalis Matta Band saat mengunjungi Tribun Batam sebelum konser di NoName Cafe Harmoni Hotel Batam.
Namun kini polemik terkait siapa pemilik sah lagu Ketahuan itu sudah berakhir. Karena semua orang tahu kalau Matta Band adalah pencipta sekaligus pemilik lagu yang bercerita tentang perselingkuhan tersebut. Meski sebelumnya masalah pengambilan lagu tanpa izin ini sempat diadukan lewat jalur hukum.
Selanjutnya, menyinggung kualitas lagu Matta Band yang berhasil memikat penikmat musik, Sunu, sebagai pencipta lagu mengaku mendapatkan inspirasinya dari berbagai hal yang dia lihat. Tapi biasanya lagu-lagu itu tercipta saat mood-nya sedang bagus.
Lagu Penantian misalnya. Lagu tersebut terinspirasi oleh penumpang bis yang tetap setia menunggu bis yang tak kunjung datang. Dan untuk membuat cerita menjadi lebih indah saat menjadi lagu, Sunu menerjemahkannya dalam cerita percintaan. Yakni kisah seseorang yang setia menunggu kekasihnya meski sudah menikah.
Untuk menyelesaikan lagu-lagu hasil karyanya, cowok yang sudah mulai merekam suaranya sendiri sejak umur lima tahun ini dibantu Uwok. Bantuan itu khususnya dalam hal pemenggalan kata. Sebab, drummer yang pernah mengenyam pendidikan musik di Elfa's dan Purwacaraka tersebut dinilai paling jago dalam hal pemenggalan kata.
Ketika ditanya tips menjaga suara agar selalu tampil prima, Sunu mengaku justru kesulitan menjaga suaranya. Sebab, cowok yang digosipkan dekat dengan pesinetron Dhini Aminarti dan pedangdut Dewi Persik ini memiliki kebiasaan sulit tidur.
"Sejak kecil saya memiliki kebiasaan sulit tidur. Padahal, kunci utama kualitas vokal yang prima terletak pada tidur yang cukup,"pungkasnya.

Tidak ada komentar: