Jumat, 18 Juli 2008

Tanda-tanda keagungan bulan Rojab

BULAN Rajab, Sya'ban, dan Ramadhan merupakan bulan yang paling dimuliakan Allah SWT.
Untuk itulah kita dianjurkan untuk berdoa agar kita bisa bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini. Inilah doa menyambut bulan Rajab guna persiapan menghadapi bulan Ramadhan : "ALLAHUMMA BAARIKLANAA FI RAJAB WA SYA'BAN WA BALIGHNA RAMADHAN". "Ya Allah berikanlah berkah-Mu kepada kami di bulan Rajab dan Syaban, dan pertemukan kami dengan Ramadhan." Amin yaa Rabbal 'Alamin ...

Pada bulan Rajab umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak puasa sunat dan amalan-2 sunat lainnya. disela-sela kesibukan bekerja. disela-sela kesibukan tugas yang banyak, ditengah makanan-makanan yang enak-enak, dikerumunan orang lain yang asyik menikmati makanannya, luruskanlah niat puasa kita, ibadah-2 sunah kita, "Semata-mata untuk menjalankan perintah Allah dengan niat untuk mendapatkan ridho Allah SWT "

Tentu kita tidak ingin melewatkan begitu saja datangnya bulan Rajab, Sya'ban dan Ramadhan dengan sia-sia. Karena itu dibawah ini saya posting Tanda-tanda keagungan bulan Rojab tulisan Huttaqi alias Edy Setiawan, yang semoga bisa diambil manfaatnya. Amien

1. Qoola Rosulullohi shollallohu alaihi wasallama ,
"Innamaa summiya rojabun li annahu yatarojjabu fii hi khoirun katsiirun li sya'baana waromadloona"

Bersabda Rosululloh saw,
"Adanya dinamakan bulan Rojab karena dia itu agung, di dalamnya mengandung kebaikan yang banyak (dan kebaikan yang banyak itu dipersiapkan) untuk menghadapi bulan Sya'ban dan bukan Romadhon"
(Hadits keterangan dari shohabat Anas, diriwayatkan oleh Imam Hasan)

2. Adanya peristiwa besar pada bulan ini, yaitu pada tanggal 27 Rojab, diperjalankanNya nabi Muhammad oleh Alloh. Peristiwa besar Isro' dan Mi'roj bertemunya Nabi Muhammad dengan Alloh secara langsung tanpa melalui perantara Jibril, dan ditetapkannya perintah kewajiban Sholat Lima.

3. Menurut Sultan Auliya, Syech Abdul Qodir Jaelani, di dalam kitabnya Al-Ghoniyyah li thoolibi thoriqil haq Juz I halaman 173.
Disebutkan begini,
"Rojabu huwa ismun min asmaail mustaqoti was tiqooquhu minat tarjib huwa at ta'dzim"

artinya,
"Kalimat ROJAB, dia itu nama sebagian nama-nama yang dikeluarkan, adapun mustaqnya dari TARJIB dan maknanya AGUNG.

Masih menurut Syech Abdul Qodir,
Kalimat Rojab itu tersusun dari 3 huruf,
RO' singkatan dari Rohmatulloh (RohamtNya Alloh)
JIM singkatan dari Judulloh (KedermawananNya Alloh)
BA' singkatan dari Birulloh (KebaikanNya Alloh)

4. Di dalam kitab Nazahatul Majalis /juz I/ hal 45
diceritakan,
Kerterangan dari shohabat Tsauban. suatu saat sahabat Tsauban di ajak berjalan-jalan oleh Rosululloh saw yang mana dalam perjalanannya itu melewati salah satu kuburan. Dan ketika berada di antara deretan kuburan, Rosululoh berhenti kemudian menangis. Setelah itu Rosul bersabda pada sahabt Tsauban,"Hai Tsauban, mereka yang di dalam kubur ini banyak disiksa dalam kuburnya. Maka aku berdoa kepada Alloh supaya mereka diringankan siksanya".
Kemudian Rosul bersabda,
"Yaa Tsauban, Lau shoomahaa uu laa i yauma min rojabin waqooma lailatam minhu maa 'adzaabuhu"
"Ya Tsauban, seandainya mereka yang disiksa itu waktu hidupnya mau puasa Rojab walau 1 hari dan sholat sunat Rojab walaupun hanya semalam maka pasti tidak akan mengalami siksa yang seperti itu"

Sahabat Tsauban nanya lagi,
"Faqultu yaa Rosulullohi yashuumu yaumin waqiyaamu lailatin yamna u 'adzaabil qobri"
"Apa puasa 1 hari lalu sholat sunnat 1 malam (cuma 2 rokaat) bisa mencegah adzab kubur ?"

Rosul jawab," Na'am" Ya memang benar,
sampai Nabi bersabda,
"Demi Dzat yang menguasai diriku dalam kekuasaannya, tidak ada orang muslim dan muslimat puasa 1 hari dari bulan Rojab dan sholat sunat Rojab, kecuali dicatat ibadah 1 tahun"

5.Qoola Rosulullah saw,
"Shoumu awwala yaumin min Rojabin kaffaarotu tsalaatsa siniina, watstsaani kaffaarotu sanatain, watstsaalitsu kaffarotu sanatin tsumma kulli yaumin syahron"

Bersabda Rosululloh saw,
"Puasa tgl 1 bulan Rojab menutup dosa 3 tahun. Puasa tanggal 2 bulan Rojab menutup dosa 2 tahun, Puasa tanggal 3 Rojab menutup dosa 1 tahun. Kemudian tiap-tiap hari (setelah tgl 3) menutup dosa 1 bulan." (hadits keterangan dari shohabat Ibnu Abbas)

dan masih banyak lagi keterangan-keterangan yang menginformasikan tentang keutamaan bulan Rojab.

Waktu kita sangat terbatas di dunia ini, moga-moga bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri kepada Alloh swt, melalui pintu-pintu yang sudah ditunjukkan oleh Rosululloh. (AHMAD SUROSO)

Tidak ada komentar: