Selasa, 08 Desember 2015

Konsumen Melirik Honda Bigbike



tribun/ahmad suroso FUTURISTIK - Honda Bigbike seri teranyar, NM4 Vultus 750 CC tampil berbeda dengan desain sisi depan berkarakter masif dan futuristik yang ditawarkan di dealer Astra Motor Jakarta (00001) di Jl Dewi Sartika, Cawang, Jakarta.

Tour Jakarta-Singapore Journalist Competition 2015 Astra Motor (1)

Konsumen Melirik Honda Bigbike

Sebanyak 17 wartawan dari 10 region Astra Motor mendapat kesempatan mengunjungi Astra International Tbk dan Astra Motor Jakarta pada 26 November 2015, dilanjutkan tur ke Singapura 27-30 November. Kegiatan ini sebagai apresiasi kepada pemenang Journalist Competition 2015. Berikut catatan wartawan Tribun Pontianak yang mengikuti acara tersebut.

Kamis (26/11) malam, satu persatu rombongan jurnalis dari puluhan media tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta, selanjutnya menginap disalah satu hotel kawasan dekat Bandara. Keesokan harinya, Jumat (27/11) perjalanan journalist competiton award pun dimulai. Rencana semula dijadwalkan meninjau pabrik Astra Honda Motor (AHM) di Cikarang, Bekasi.

Namun dibatalkan, sebagai gantinya diajak meninjau ke kantor PT Astra International dan kantor PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (HSO) atau Astra Motor (AM) yang berlokasi Sunter, Jakarta Utara. Dari kejauhan terlihat berdiri megah dua gedung besar. Gedung pertama adalah kantor pusat Astra International, sementara gedung satunya adalah PT International HSO.

Saat berada di PT Astra International, tepatnya di Museum William Soeryadjaya, rombongan memperoleh paparan dari Elyana Kulsum, petugas museum tentang sejarah pendirian Group Astra oleh Om William, sebutan akrab William Soeryadjaya, gurita bisnis Grup Astra, Catur Dharma Astra, jajaran direksi dan komisaris, serta produk perdana yang menjadi ikon grup ini, yakni sepeda motor Honda C90 (menggunakan kopling) yang tangki bensinya berbentuknya seperti biji nangka, dan Toyota Kijang Buaya.

Hal yang paling berkesan rasakan adalah prinsip hidupnya yang ditegaskan OM wiliam, yakni setiap utang, satu sen pun, mesti dibayar `'Bisa jadi teladan seperti ini yang menjadikan Grup Astra mampu melewati badai krisis ekonomi 1998 dan kini menjadi salah satu perusahan terbesar di Tanah Air,'' kata Elyana Kulsum.

Selanjutnya, ronbongan diajak ke Gedung Astra International Tbk HSO (Astra Motor). Selama berada di gedung yang sebelumnya bernama Honda Division, kami mendapat penjelasan tentang Astra Motor dari, Djamilah, Corcorm & CRM Astra International Tbk HSO. Penj4elasan mulai dari posisi Astra Motor (main dealer, maupun sales Office,) nilai-nilai perusahan seperti budaya FIRE ( Friendly dan Reliable) berupa keunikan konsep pelayanan Astra Motor , hingga program CSR.

"Dalam menjalankan bisnis Astra Motor tidak hanya berfokus pada keuntungan , tetapi juga sangat peduli pada sesama dan dituangkan melalui program Coorporate Social Responsilibity (CSR)," kata Mila, panggilan akrab Djamilah.

Mila mengatakan, Astra Motor dalam waktu 10 tahun penjualan terus meningkat. Tahun 2014 Astra Motor berhasil menjual kurang lebih 1,4 unit motor dengan nilai omzet bisnis mencapai Rp 18,7 triliun. Meskipun demikian sebagian omzet yang didapat itu dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk program CSR.

Program tersebut terdiri atas Income Generating Activities ( memberikan bantuan dana bergulir kepada masyarakat pelaku usaha sektor informal) , Educational ( memberikan pelatihan teknis perawatan sepeda motor kepada siswa SMK dan setingkatnya, donasi beasiswa kepada masyarakat), safety riding (Astra Motor terus melakukan kegiatan edukasi untuk menularkan budaya aman berlalu lintas). Selain itu juga program Health (Astra Motor memberikan kesadaran akan pentingnya kesehatan guna menciptakan masyarakat yang produktif),Enviromental ( menciptkan lingkungan masyarakat yang lestari)

Acara kunjungan ini berlangsung hingga siang. Usai santap siang bersama perjalanan berlanjut ke Astra Motor Jakarta-Tangerang (AHASS 0001), di Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur. Disini kami memperoleh informasi meskipun hanya berstatus dealer (main dealer Honda Motor wilayah Jakarta adalah PT Wahana Makmur Sejati) angka penjualan motor di dealer ini setara bahkan melebihi penjualan di wilayah regional.

"AM Jakarta ini membawahi ada 29 main dealer. Tapi karena hanya di sini yang melayani costumer company, dan instansi yang membeli dalam jumlah banyak, angka penjualan di sini, sebulan bisa mencapai 3.500 sampai 4.000 unit sepeda motor, " kata Husin Rodhy, Kepala wilayah Jakarta Tangerang Astra Motor pada Tribun.

Di AM Jakarta kami juga diperlihatkan produk-produk terbaru sepeda motor Honda ber CC besar (BigBike) generasi terbaru, antara lain seri NM2 Vultus 750 cc. Kendaraan beyond futuristik yang layaknya motor Batman in dibanderol harga Rp 435 juta. Selain itu juga ada Honda CBR1000RR seharga Rp575.000.000, CBR650F (Rp240 juta) , CB650F (, CB500X(Rp235 juta), dan CB500F (Rp125 juta).

"Bigbike seri NM4 Vultus ini seperti motor Batman. Di Indonesia sangat bagus, bisa untuk touring atau city touring. Kemarin ada seorang pemilik NM4 di Jakarta yang memakai untuk ikut touring di Pacitan, Jatim. Selesai pakai dibawa ke sini untuk diservis lagi. Ini sudah selesai service dan mau diantar ke rumah pemiliknya," kata Rodhy seraya menjelaskan penjualan motor Bigbike sudah berjalan sejak Agustus 2015 silam dan menurutnya peminatnya mulai naik..

Rangkain tur Journalist Competition Award dihari pertama diakhir dengan galla dinner di sebuah restoran kawasan Kuningan, Jakarta bersama petinggi Chief Executive Astra International Tbk HSO (Astra Motor) Sigit Prabowo Kumala, dan Deputy Head of Corporate Communication Ahmad Muhibbuddin.

Sembari menikmati santapan bersama dalam suasana rombongan juga mendapatkan penjelasan singkat tentang perkembangan pasar sepeda motor oleh Sigit Kumala yang juga merupakan Head Of Commercial Affairs Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) .Dari lokasi ini kami pun kembali menuju hotel tempat menginap. (ahmad suroso/bersambung)

Tidak ada komentar: